Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam I IAIN Kudus I Program Studi BKI, KPI, PMI, MD, PPI I

Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam

Menjadi Fakultas Unggul dalam Pengembangan Ilmu Dakwah dan komunikasi Islam Berbasis Islam Terapan pada level Nasional di Tahun 2024

Benchmarking Fakultas Syariah IAIN Kudus ke Prodi HKI FAI UMM

Blog Single

Fakultas Syriah IAIN KUDUS mengadakan kegiatan benchmarking pada tanggal 22 Mei di Fakultas Agama Islam Universitas Islam Malang, dan tanggal 23 Mei 2023 di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang.

Dilanjutkan dengan sambutan dari Fakultas Syari'ah IAIN Kudus yang diwakili oleh Haris Naim selaku Wakil Dekan 1. Haris menyampaikan bahwa melalui benchmarking Fakultas Syari'ah IAIN Kudus ini bertujuan untuk mendapatkan pandangan dalam mempersiapkan diri menyusun dokumen akreditasi sesuai dengan  standar untuk meraih akreditasi Unggul serta sebagai media untuk melakukan kolaborasi dalam perihal riset maupun visiting lecturer antar Program Studi. Dengan melakukan benchmarking, Fakultas Syariah IAIN Kudus dapat menentukan bagian-bagian dari persiapan akreditasi  yang memerlukan perbaikan dan menemukan cara untuk mencapai tingkat akrditasi maksimal yaitu Unggul.

Kegiatan benchmarking dalam rangka persiapan Re-Akreditasi merupakan bentuk ikhtiyar UPPS dan Tim Re-Akrediatasi Program Studi Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah IAIN Kudus untuk mempelajari strategi atau mengetahui rahasia sukses dari institusi atau fakultas lain yang lebih dulu memperoleh kesuksesan dalam Re-Akreditasi Program Studi dengan peringkat status akreditasi unggul. Dari pengalaman yang diperoleh dari  hasil kegiatan benchmarking tersebut, nantinya akan di adaptasikan dan diterapkan dalam proses pelaksanaan Re-Akreditasi Program Studi Hukum Keluarga Islam.

Dengan semangat dan pengalaman baru yang didapatkan dari kegiatan benchmarking, Tim Re-Akreditasi Program Studi Hukum Keluarga Islam diharapkan akan lebih siap dalam melaksanakan tugas secara efektif dan konsekuen dalam pencapaian status peringkat Re-Akreditasi unggul sebagaimana telah ditetapkan. Seperti diketahui bersama bahwa pencapaian status peringkat Re-Akreditasi dapat dikatakan sebagai tolok ukur keberhasilan Tim Re-Akreditasi dalam menghantarkan kelayakan Program Studi sesuai kriteria yang mengacu pada Standar Nasional Perguruan Tinggi (SN-Dikti)  dan sekaligus sebagai bentuk pertanggungjawaban UPPS terhadap mahasiswa serta stakeholders dalam memperoleh kepuasan atas lulusan yang dihasilkan.

Diakhir acara, Dr. Khozin, M.Si, Dekan Fakultas Agama Islam UMM hadir diantara para tamu untuk mengucapkan selamat datang di Fakultas Agama Islam UMM serta harapan ke depan agar dapat menjalin kerjasama dan kolaborasi akademik antar kedua Lembaga Pendidikan ini. Semoga dengan kunjungan benchmarking yang dilakukan oleh Prodi HKI Fakultas Syari'ah IAIN Kudus ini dapat mendukung persiapan akreditasi serta membawa manfaat bagi kepentingan akademik antar kedua program studi ini.

Share this Post: